Bangun Waduk Jatigede, Ganti Rugi Relokasi Dikaji Konsultan Independen

pembangunan Waduk Jatibarang, di Semarang
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo

VIVAnews - Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum, Muhammad Hasan, Senin 17 Februari 2014, mengungkapkan bahwa pemerintah akan menunjuk konsultan independen untuk menghitung besaran uang ganti rugi relokasi penduduk, terkait pembangunan Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

"Ada beberapa hal yang harus dijadikan pijakan hukum yang mencerminkan governance yang baik. Pertama, bagaimana memberikan besaran uang kerohiman itu, harus berdasarkan kajian yang independen," ujar Hasan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta.

Menurut Hasan, studi dilakukan oleh konsultan yang bersertifikasi dari Kementerian Keuangan. Konsultan ini yang nanti akan menghitung besarnya biaya ganti rugi relokasi warga.

"Apakah Rp13 juta atau Rp29 juta seperti yang diusulkan Provinsi Jawa Barat, itu kan semua masih justifikasi masing-masing. Sebenarnya berapa yang betul-betul diperlukan," kata Hasan.

4 Moscow Terrorists Under the Influence of Drugs

Nantinya, ia melanjutkan, akan ada dua kelompok KK yang akan mendapatkan uang ganti rugi. Yaitu, 5.800 KK yang tidak termasuk dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) dan 1.800 KK yang sesuai dengan Permendagri, tapi masih tinggal di sekitar area waduk.

"Kondisi mereka rawan secara sosial. Masih ada 5.800 KK yang seperti itu, yang harus diberikan santunan kerohiman. Ada 1.800 KK yang masih punya hak rumah. Penggenangan tidak akan dilakukan sebelum masalah sosial dituntaskan," kata dia.

Studi uang kerohiman ini, ia menambahkan, ditargetkan rampung pada akhir Maret. Hasil kajian konsultan independen ini akan dibahas pemerintah di tingkat sidang kabinet terbatas

Sandra Dewi Tak Lagi Jadi Brand Ambassador Produk Ini, Buntut Kasus Harvey?

"Ini kan kejar-kejaran dengan rencana penggenangan. Rencana penggenangan September 2014," kata dia. (art)

PM Georgia, Irakli Kobakhidze (Doc: Anadolu Ajansi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Perdana Menteri Georgia Irakli Kobakhidze mengadakan buka puasa bersama atau makan malam berbuka puasa, pada Kamis, 28 Maret 2024, di Ibu Kota Tbilisi, bersamaan Ramadhan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024