Mereka yang Meraup Untung di Musim Kampanye

Deklarasi Kampanye Damai Berintegritas di Monas
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Terpopuler: Desta Puji Natasha Rizky sampai Tetangga Ayu Ting Ting Buka Suara
- Memasuki masa kampanye terbuka yang dimulai Minggu 16 Maret 2014 hingga 5 April 2014, ternyata mendongkrak tingkat hunian hotel berbintang di Yogyakarta.
'Pemimpin Rambut Putih' Sowan ke Jokowi di Istana Negara Pagi Ini

Sudah banyak hotel berbintang yang telah dipesan oleh partai politik untuk tempat menginap bagi para pimpinannya yang akan melakukan kampanye terbuka di Yogyakarta.
Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia


"Pengurus parpol sudah memesan hotel sejak dua minggu sebelum pelaksanaan kampanye terbuka berlangsung. Namun, sayangnya, mereka hanya memesan hotel berbintang, sedangkan hotel non bintang masih sepi tamu," kata Deddy Pranowo Eryono, Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, kepada
VIVAnews
, Minggu 16 Maret 2014.


Menurut dia, pesanan kamar hotel berbintang juga mendongkrak jumlah kamar hotel yang terjual di saat masa
low season
seperti saat ini. Biasanya, cuma mengandalkan kedatangan tamu dari wisatawan domestik.


"Saat ini, tingkat hunian hotel berbintang mencapai 60 persen hingga 80 persen, sedangkan hotel non bintang hanya sekitar 30 persen tingkat huniannya," kata dia.


"Kami berharap kampanye terbuka ini tetap berjalan aman, kondusif, dan tidak ada gesekan antar parpol ataupun simpatisan parpol," imbuhnya.


Masa kampanye terbuka ini juga menjadi berkah tersendiri bagi pemilik rental. "Semua persediaan mobil sudah banyak disewa partai atau caleg dan konsumen biasa," kata Harjono, salah satu pemilik rental mobil di Kabupaten Gunungkidul.


Meski mobil rental banyak keluar disewa caleg atau parpol, Harjono mengaku tak menaikkan tarif sewa mobil agar pelanggan tak kecewa. Karena, banyak pengurus parpol atau caleg yang menyewa adalah rekanan sendiri.


"Masih normal harga sewa mobil. Untuk kelas
low
MPV seperti Avanza, Xenia, Ertiga masih dengan harga Rp350.000 per 24 jam atau jika ingin kontrak 1 bulan dengan biaya Rp3.500.000," kata dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya