Selain PPnBM, Ponsel Impor Bakal Bakal Kena Cukai

MS Hidayat
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Ada wacana baru yang dilontarkan oleh Pemerintah terkait dengan upaya menekan laju impor ponsel. Di samping menaikkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), Pemerintah pun berencana mengenakan cukai pada ponsel impor.

Namun Menteri Perindustrian MS Hidayat mengingatkan, pengenaan PPnBM ponsel sebesar 20 persen bisa memacu impor ponsel ilegal. Lagipula pintu masuk impor barang ke Indonesia tidak hanya di satu tempat, tapi juga di berbagai tempat.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

"Tidak seperti Singapura yang pintunya sedikit. Kita (punya) ratusan," kata dia di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis 10 April 2014.

Lalu, Hidayat mengatakan ada cara lain yang relatif aman, yaitu pemberlakuan IMEI dan sistem cukai. Mantan ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) ini mengatakan, cara ini memang bertujuan melindungi industri ponsel dalam negeri, tapi tidak serta-merta menekan impor ponsel secara signifikan.

Meskipun demikian, semua aturan itu akan dikaji lebih detail, termasuk potensi penyelundupan ponsel. "Akan dikaji minggu depan, tapi tidak bisa segera diberlakukan," kata dia. (umi)

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024