Properti Kelas Atas Anjlok Separuh, Pasar Geser ke Tipe Menengah

Rumah mewah Gisele Bundchen
Sumber :
  • Hollyscoop
VIVAnews
Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia
- Indonesia Property Watch (IPW) menyatakan secara umum pasar perumahan rata-rata menurun hingga 49 persen dari nilai transaksi. Namun, menurut analisa yang dilakukannya, terjadi pergeseran pasar khususnya dari segmen menengah atas ke segmen menengah.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Dikutip dari keterangan tertulisnya Rabu 16 April 2014, Direktur Eksekutif IPW, Ali Tranghanda, mengatakan, berdasarkan komposisi penjualan yang ada, diperkirakan terjadi pergeseran pasar atas yang terjadi di kuartal I/2014 ke segmen menengah.
3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil


Dibandingkan akhir tahun lalu, pasar segmen menengah atas relatif berkisar 30 persen dari total nilai transaksi, tetapi menurun drastis di awal tahun 2014 menjadi 15 persen. Di sisi lain, segmen menengah terjadi peningkatan komposisi dari 30 persen menjadi 40 persen.


Dia memperkirakan, tren tersebut akan berlanjut mengingat nilai tanah yang sudah terlalu tinggi, bahkan untuk dibangun perumahan menengah atas.


"Sebagian besar pengembang menengah atas lebih tertarik untuk membangun hunian vertikal atau sektor komersial dengan nilai tanah yang sudah tinggi," ujar Ali.


Lebih lanjut Ali menjelaskan, di segmen pasar bawah, pengembang masih terpatok harga standar untuk fasilitas rumah bersubsidi yang belum disesuaikan.


Dia memaparkan, banyak pengembang rumah murah yang melakukan strategi pembangunan dengan spesifikasi bangunan yang lebih rendah agar tetap dapat terjangkau oleh daya beli konsumen.


Sementara, imbuhnya, sebagian lagi memilih untuk mencoba di segmen menengah dan meninggalkan program rumah bersubsidi dari pemerintah.


Dia menambahkan, pergeseran pasar ini disikapi oleh pengembang dengan mulai membuat tipe-tipe rumah di segmen menengah dengan
resizing
luas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya