Tujuh Ruas Tol Tak Lulus Standar Pelayanan, Ini Kata Jasa Marga

Sumber :
  • http://andreasandre.net

VIVAnews - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengeluarkan evaluasi Standar Pelayanan Minimum (SPM) semester kedua 2013. Dalam hasil uji SPM tersebut ada tujuh ruas tol yang tidak lulus. Seluruh ruas tol tersebut adalah milik PT Jasa Marga Tbk.

Direktur Operasi Jasa Marga, Hasanudin, kepada VIVAnews, Rabu 16 April 2014 mengungkapkan, hasil penilaian yang disampaikan BPJT memang sangat ketat. Jasa Marga, pun menerima hasil tersebut.

"Kami akan gunakan sebagai acuan perbaikan dalam memperbaiki SPM," kata Hasanudin.

Dia menjelaskan, dalam kunjungan pertama yang dilakukan dalam kurun waktu Februari hingga Maret 2014, ada lima ruas tol milik Jasa Marga yang telah memenuhi SPM 100 persen.

Jalan tol tersebut adalah tol Jakarta-Tangerang, Surabaya-Gempol, Palikanci, Semarang, dan tol Belawan-Tanjung-Morawa.

Selain itu, dia menjelaskan, ada dua ruas tol yang memenuhi SPM, namun dengan catatan yakni tol Jagorawi, karena guide post/reflektor hilang. Ruas tol lainnya yang memenuhi SPM dengan catatan adalah tol Jakarta-Cikampek.

Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan

Di ruas tol ini, Hasanudin menambahkan, meskipun jalan sudah tidak berlubang, ada beberapa sambungan ekspansi yang perlu diperbaiki.

Dua ruas tol ini, menurut Hasan --sapaan Hasanudin--, sudah diperbaiki dan menurut Jasa Marga sudah memenuhi SPM. Hasilnya pun telah dilaporkan ke BPJT.

Adapun ruas-ruas yang pada kunjungan pertama belum bisa memenuhi SPM adalah tol Sedyatmo, Dalam kota, Padaleunyi, Cipularang, JORR, dan tol Suramadu. Dia menuturkan, jalan tol tersebut langsung diperbaiki setelah penilaian.

Dia menambahkan, ruas-ruas tol yang gagal lulus karena lampu PJU mati pun telah diperbaiki. Namun, setiap hari masih ada saja 2-3 lampu yang mati karena kabel atau baterai lampu hilang.

"Oleh sebab itu, kami saat ini bekerja penuh untuk mengamankan kabel dan baterai yang hilang tersebut," katanya.

Khusus untuk penerangan jalan umum Suramadu, imbuhnya, pihaknya akan segera berkonsultasi dengan Balai PU wilayah Jawa Timur dan sekitarnya untuk bisa memenuhi SPM.

Sementara itu, untuk lubang di jalan tol Padaleunyi, Hasan membenarkan ada beberapa lubang di jalan tol itu, tetapi tidak banyak. Ini diakibatkan oleh hujan yang turun terus menerus.

"Saat ini sudah diperbaiki dan kami akan segera melapor ke BPJT," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, untuk permasalahan tol Cipularang, pada saat kunjungan BPJT, proses perbaikan memang belum selesai. Saat itu, perbaikan setelah musim hujan baru 90 persen pengerjaan.

Dia mengungkapkan, perbaikan itu akan rampung pada Agustus 2014. Mengenai lubang-lubang yang ada, perseroan sudah melakukan penambalan dan saat ini masih terus berlangsung.

"Dengan kondisi cuaca yang sudah mulai membaik sekarang ini, mudah-mudahan perbaikan akan berlangsung dengan baik tanpa ada masalah," katanya. (art)

BMW i5 eDrive40 M Sport meluncur di Indonesia

Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga

Beberapa waktu lalu, BMW Group Indonesia baru saja meluncurkan sedan listrik terbaru untuk pasar Indonesia, yang memiliki nama BMW i5 eDrive40 M Sport.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024