OJK Perkuat Kerja Sama IDB untuk Layanan Syariah

Muliaman Hadad
Sumber :
  • OJK

VIVAnews - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memperkuat kelanjutan program kerja sama dengan The Islamic Development Bank (IDB Group), khususnya di sektor jasa keuangan syariah dan mikro. Upaya itu seperti tertuang dalam komitmen pembiayaan dan bantuan teknis IDB kepada Pemerintah RI melalui Member Country Partnership Strategy (MCPS) Indonesia 2011–2014.

Demikian hasil pertemuan antara Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad dengan Presiden Islamic Development Bank, Ahmad Mohamed Ali, di Jeddah, Arab Saudi, pada Minggu 13 April 2014.

Seperti dikutip dari keterangan tertulis OJK, Rabu 16 April 2014, pengembangan keuangan syariah atau Islamic finance merupakan salah satu pilar utama dalam kerja sama antara Pemerintah RI dan IDB sesuai kerangka MCPS yang diluncurkan pada 2010. Pengembangan sektor keuangan syariah di Indonesia akan terus ditingkatkan sejalan dengan industri keuangan syariah yang tumbuh tinggi.

Selain itu, dia menjelaskan, upaya tersebut dilakukan untuk menyikapi besarnya potensi pasar yang masih belum tergarap. Strategi pengembangan keuangan syariah perlu dirumuskan dan diimplementasikan secara integratif antara sektor perbankan, pasar modal, industri keuangan non bank, dan keuangan mikro syariah.

OJK, menurut Muliaman, akan melakukan review terhadap blueprint atau master plan pengembangan perbankan syariah yang menjadi kerangka strategi pengembangan bank syariah. “Pengembangan jasa keuangan syariah menjadi salah satu prioritas OJK ke depan," kata Muliaman.

Karena, dia menambahkan, arsitektur keuangan syariah Indonesia yang lebih maju dengan mengintegrasikan sektor perbankan, pasar modal, dan non bank, serta lembaga mikro syariah menjadi sesuatu yang mendesak untuk dilakukan. Dalam kerangka itu, OJK dan IDB memiliki program dan kapabilitas untuk membantu penyusunan blueprint tersebut.

Dalam upaya pengembangan sektor jasa keuangan syariah di Indonesia, menurut OJK, terdapat tiga tantangan yang perlu direspons sektor jasa.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Tiga tantangan itu yakni kemampuan dalam membuka akses jasa keuangan syariah secara lebih luas, kemampuan dalam melayani potensi peningkatan kelas menengah di Indonesia, serta kemampuan dalam meningkatkan kontribusi riil sektor keuangan syariah terhadap kebutuhan perekonomian Indonesia secara aktual.

Presiden IDB, Ahmad Mohamed Ali, menjelaskan, IDB berkomitmen untuk secara pro aktif membantu Indonesia dalam pengembangan Islamic finance, antara lain dalam bantuan pengembangan medium term vision melalui sistem arsitektur, dukungan pengembangan produk dan jasa, serta memfasilitasi pengembangan kapasitas Indonesia dengan penerapan best practices.

Penyakit Demam Berdarah di Jakarta dikatakan meningkat sejak memasuki tahun 2024.

Waspada! Demam Berdarah Mengganas, Jakarta Jadi Episentrum dengan 35 Ribu Kasus

Angka kasus demam berdarah di Indonesia kembali meningkat. Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan hingga Kamis sore 28 Maret 2024 tercatat sudah ada 390 kematian

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024