Kecemasan Investor Eropa terhadap Situasi Ukraina Meningkat

Baku tembak di Ukraina
Sumber :
  • BBCNews
VIVAnews
Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!
- Mata para investor saat ini kembali tertuju ke Eropa Timur, karena krisis di Ukraina yang meningkat. Sebab, hal itu menimbulkan kekhawatiran bahwa wilayah tersebut sedang di ambang perang terbuka.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Dikutip dari laman
Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah
Independent.ie , Rabu 16 April 2014, pasar saham Eropa jatuh merespons hal itu, dan kepercayaan investor di Jerman turun lebih dari yang diperkirakan sebelumnya.


Indeks saham Eropa kini menghapus semua keuntungan yang berhasil diraih sejauh ini pada tahun ini. Penurunan terjadi, setelah pada Senin lalu waktu Eropa, menguat ditopang angka penjualan ritel Amerika Serikat yang kuat.


Namun, Selasa kemarin, data ekonomi tambahan dari AS gagal mendorong investor untuk kembali bersemangat memburu saham.


"Anda melihat ketidakpastian yang besar dari krisis geopolitik (Ukraina) di depan mata, yang menarik pasar dalam arah negatif," kata Witold Bahrke, analis senior PFA Asset Management di Kopenhagen.


"Terbaca, kurangnya keyakinan di kalangan investor. Sentimen masih mengarah ke zona negatif, terutama setelah meningkatnya eskalasi di Ukraina pada akhir pekan lalu," tambahnya


Di Jerman, kepercayaan investor turun untuk bulan keempat atau April pada tahun ini.


Pusat riset ekonomi Eropa, The ZEW, menyatakan bahwa indeks investor dan ekspektasi analis, yang bertujuan untuk memprediksi perkembangan ekonomi pada enam bulan ke depan, merosot ke angka 43,2 dari sebelumnya 46,6 pada Maret.


Bahkan, para ekonom memperkirakan terjadi penurunan kembali ke level 45.


"Memang ada sedikit keraguan mengenai data ZEW yang akan memiliki dampak menyedihkan, karena Jerman adalah mesin pertumbuhan di zona Euro," kata Jeremy Batstone, kepala riset Charles Stanley & Co.


Sementara itu, di Irlandia, indeks sahan patokan ISEQ (Irish Stock Exchange) jatuh satu persen atau 48,62 poin ke level 4.847,49. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya