Dahlan: Akuisisi BTN, Bank Mandiri Akan Bersaing di ASEAN

Bank Mandiri.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, mengungkapkan alasan ia akan menugaskan PT Bank Mandiri Tbk untuk mengakuisisi PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN).

OJK Reveals Tips to Manage Finance for Housewife

Ditegaskannya, Kamis 17 April 2014, alasannya agar Indonesia bisa memiliki bank pemerintah yang mampu bersaing di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Menurut Dahlan, dari segi bisnis dan aset, Bank Mandiri dinilai bakal mampu menyaingi bank terbesar di Malaysia.

"Selama ini, perbankan kita tidak masuk peta internasional. Seolah-olah, kita masih miskin. Selalu bank dari Singapura, Malaysia, dan Thailand yang untung," ujar Dahlan usai menggelar rapat pimpinan (Rapim) di Reindo, Jakarta.

Saat ini, ia melanjutkan, BTN terseok-seok dalam mencapai target pemenuhan kredit perumahan bagi rakyat. Dengan akuisisi ini, pemerintah akan memiliki sarana yang lebih besar dan cepat untuk mencapai target tersebut.

"Kan, BTN punya misi mulia mengatasi perumahan rakyat. Antara perlunya rumah dengan kemampuan BTN itu jauh sekali, kita butuh 1,5 juta unit rumah per tahun. Blakblakan saja, dia (BTN) tidak mampu," kata Dahlan.

Ia menambahkan, akuisisi Bank Mandiri terhadap BTN ini masih dalam proses. Namun, dipastikan BTN nanti akan tetap ada dan menjadi anak usaha Bank Mandiri. "Seluruh proses akan kami tempuh," kata Dahlan. (asp)

Prabowo Sowan ke PKB, Disambut Pakai Karpet Merah
Wuling Cloud EV di IIMS 2024

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Pabrikan otomotif asal China, Wuling akan memeriahkan pameran PEVS 2024 dengan menampilkan lini kendaraan listrik, salah satunya Wuling Cloud EV.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024