Butuh Rp270 Triliun Alirkan Air Bersih ke Seluruh Rumah di RI

PDAM
Sumber :
  • www.pdampadang.com

VIVAnews - Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPP SPAM) mengungkapkan pada 2013 lalu, pelayanan air minum di seluruh Indonesia mencapai 67,73 persen. Angka ini ditargetkan memenuhi asumsi Millenium Development Goals (MDG) yakni sebesar 68,87 persen pada 2015.

Kepala BPP SPAM Tamin M Zakaria Amin, Kamis 17 April 2014, mengungkapkan Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan pemenuhan air minum bagi seluruh rakyat Indonesia pada 2019. "Kita targetkan cakupan air ke masyarakat Indonesia mencapai 100 persen pada 2019," katanya, saat ditemui dalam acara konfrensi pers di Jakarta.

Untuk mencapai 100 persen tersebut, menurut Tamin, paling tidak butuh dana sebesar Rp270 triliun. Dana ini diharapkan akan didapatkan dari pemerintah pusat sebesar Rp80 triliun. Sedangkan sisanya Rp180 triliun, diharapkan berasal dari sumber lain.

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

Sumber-sumber tersebut adalah pemerintah daerah, perusahaan daerah air minum (PDAM), pinjaman perbankan, dan pembiayaan dari kerja sama pemerintah swasta (private public partnership/PPP).

Ia mengungkapkan, proses pemenuhan air bersih ini sangat tergantung dukungan dari pemerintah daerah. Sebab, pemerintah daerahlah yang menentukan tarif terhadap PDAM-PDAM yang ada di daerah mereka.

Jika diberikan tarif terlalu murah, menurut Tamin, PDAM akan merugi dan perusahaan tidak akan sehat. Dengan demikian, akan semakin banyak penyimpangan-penyimpangan dan penyelewengan yang akan terjadi.

Selain itu, ia juga menekankan dibutuhkannya jiwa entrepreneurship di pemimpin PDAM-PDAM ini. Sebab, tanpa jiwa enterpreneur ini PDAM hanya akan menunggu kehancuran.

Hal ini, kata Tamin, sudah terjadi di beberapa kota yang saat ini PDAM-nya maju seperti Banjarmasin dan Palembang. Di Kedua kota tersebut, cakupan air bersih sudah di atas 90 persen, termasuk yang tertinggi di kota kota lain di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa saat ini dari hasil audit 350 PDAM, pada tahun lalu terdapat 176 PDAM sehat, 104 PDAM kurang sehat, dan 70 PDAM dalan keadaan sakit. "Yang sehat-sehat ini, karena didukung pemerintah daerahnya selaku pemilik," katanya. (umi)

Gerakan olahraga russian twist

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Round-up kanal Lifestyle pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang deretan olahraga ringan yang bisa dilakukan setelah lebaran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024