Akuisisi Tambang Batu Bara, Anak Usaha Inovisi Terbitkan Obligasi

Aktivitas tambang batu bara
Sumber :
  • REUTERS/David Stanway

VIVAnews - PT Inovisi Infracom Tbk (INVS) melalui anak perusahaannya, Code Wireless Pte. Ltd., akan menerbitkan obligasi tukar (exchangeable bonds) senilai US$70 juta. Dana hasil penerbitan obligasi ini akan digunakan sebagai tambahan modal kerja, belanja modal, dan ekspansi bisnis perseroan.

Obligasi tukar berdenominasi dolar yang akan diterbitkan pada Mei 2014 memiliki tenor lima tahun dan dapat dikonversi menjadi saham INVS dengan nilai nominal Rp100 per saham.

Sekretaris Perusahaan Inovisi Infracom, Dria Soetomo, mengatakan, dari perkiraan perolehan dana obligasi senilai kurang lebih US$70 juta, perseroan akan mencadangkan sekitar 57 persen atau US$40 juta untuk mengakuisisi perusahaan induk pertambangan batu bara yang beroperasi di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

"Saat ini, perusahaan batu bara tersebut telah berproduksi dengan kapasitas tiga juta metrik ton per tahun," kata Dria dalam keterangan tertulisnya, Kamis 17 April 2014.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Perusahaan pertambangan ini memiliki dua anak usaha dengan luasan wilayah operasi 3.951 hektare dan potensi cadangan batu bara berkisar 113 juta metrik ton. Batubara yang dihasilkan merupakan batu bara dengan kalori medium antara 5.500–5.700 kcal/kg (adb).

"Akuisisi perusahaan tambang batu bara ini diproyeksikan dapat mendongkrak laba bersih perseroan sebesar 90 persen hingga akhir tahun ini," ujarnya.

Adapun 43 persen dana hasil penjualan obligasi atau sekitar US$30 juta sisanya, dia menjelaskan, akan dipakai sebagai modal kerja dan belanja modal perseroan. Terutama guna membiayai unit bisnis telekomunikasi, media, dan teknologi (TMT).

Code Wireless didirikan pada 2004 di Singapura. Seratus persen saham perusahaan dimiliki oleh Inovisi sejak April 2010. Saat ini, Code Wireless menjadi salah satu unit Inovisi yang bergerak di bidang TMT. Perusahaan ini menyediakan layanan jasa aplikasi mobile, termasuk desain, penyediaan serta manajemen konten aplikasi nirkabel dan platform multimedia.

Sementara itu, Inovisi sepanjang 2013 hingga 2014, pendapatan ditargetkan tumbuh 40 persen. Laba bersih tahun ini diperkirakan meningkat 90 persen atau sekitar US$70 juta, setelah selesainya proses akuisisi perusahaan tambang batu bara.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024