Perbesar Efisiensi, Jalur Kereta di Pulau Jawa Harus Ditambah

Jalur Kereta Tergenang
Sumber :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Peningkatan volume pengangkutan dengan kereta api (KA) berpotensi meningkatkan efisiensi biaya logistik nasional. Peningkatan efisiensi ini diperoleh langsung dengan penggunaan KA untuk pengangkutan barang, maupun dampak secara tidak langsung dengan pengalihan beban dari jalan raya ke rel KA.

Nekat Selundupkan Sabu di Sepatu, Pengunjung Rutan di Tangerang Ditangkap

Demikian penilaian Supply Chain Indonesia (SCI), lembaga peneliti logistik dan jalur distribusi di tanah air. SCI mengungkapkan, dengan mengacu pada PDB nasional 2013, kontribusi terbesar datang dari pulau Jawa.

Chairman SCI, Setijadi, dalam siaran persnya, Minggu 20 April 2014, mengungkapkan besarnya konstibusi pulau jawa terhadap PDB ini mencerminkan besarnya volume barang yang diangkut dalam satu tahun.

“Untuk itu, keberadaan jalur kereta yang ada di Pulau Jawa sangat berpotensi mengurangi biaya pengiriman barang secara nasional,” katanya.

Ia mengatakan, potensi efisiensi pengiriman barang dengan double track, yang saat ini sudah diselesaikan, bisa meningkatkan kapasitas kereta api barang hingga 200-300 persen.

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, frekuensi KA barang dari Jakarta menuju Surabaya pada saat ini sebanyak 5 trip per hari, dengan kapasitas 160 TEU per hari. Pada saat jalur ganda sudah beroperasi, frekuensi KA barang berpotensi meningkat 3 kali lipat menjadi 15 trip per hari, dengan kapasitas 500 TEU per hari.

Dengan demikian, terdapat terdapat beban sebesar 340 TEU dapat dialihkan dari jalan ke KA. Hingga saat ini kereta merupakan modal transportasi darat yang paling efisien untuk jarak antara 500-1500 km dan untuk pengangkutan barang-barang yang berat. Pengalihan ini menurutnya akan mengurangi kemacetan akibat kapasitas jalan pantura yang sudah tidak memadai.

“Pengurangan beban jalan tersebut juga berpotensi mengurangi tingkat kerusakan jalan,” katanya. (ren)

Balai Kota Ho Chi Minh, Vietnam

4 Alasan Kenapa Vietnam Asyik Banget Buat Solo Traveling

Negara dengan spot seru yang lengkap, Vietnam punya segalanya lho! Makanya cocok banget buat solo traveling. Berikut alasan kenapa Vietnam asyik banget buat liburan

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024