PU: Pembangunan Jalan Tunggu Proyek Bandara Kertajati Dekati Rampung

Maket Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.
Sumber :
  • wikipedia

VIVAnews – Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengaku belum akan membangun jalan akses menuju Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, dalam waktu dekat. PU akan mengerjakan infrastruktur jalan itu jika pembangunan bandara pengganti Hussein Sastranegara di Bandung ini mendekati rampung.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjanto mengungkapkan, PU belajar dari pembangunan akses jalan untuk infrastuktur beberapa waktu lalu. “Ini sama dengan pembangunan Cimalaya dan juga Bojonegoro. Kita sudah bangun jalannya dengan cepat, tapi ternyata pembangunannya tidak jadi dilakukan,” katanya kepada VIVAnews, Minggu 20 April 2014.

Dari kasus Bojonegoro tersebut, Bina Marga dianggap memboroskan anggaran negara dengan tujuan yang tidak perlu. Untuk itu, menurutnya, PU baru akan membangun akses jalan nasional ketika bandara ini sudah hampir rampung. Sejauh ini, PU masih dalam tahap pembangunan landasan.

Djoko mengutarakan untuk pembangunan jalan, waktu yang dibutuhkan tidak lama dan tingkat kerumitannya di bawah pembangunan bandara. Dalam dua tahun sebelum penyelesaian, Djoko mengatakan PU baru akan masuk dan jalan akan selesai tepat pada waktunya.

Selain itu, menurutnya, jalan tol yang saat ini sedang dibangun pemerintah yakni Cileunyi-Sumedang-Dawuan juga bisa dijadikan akses untuk menuju bandara.

Nekat Selundupkan Sabu di Sepatu, Pengunjung Rutan di Tangerang Ditangkap

Dua Tahun

Sebelumnya, pemerintah memperkirakan pembangunan infrastruktur bandara di aspek udara, seperti landasan pacu atau runway, selesai sekitar dua tahun lagi.

Charly Van Houten dan Muhammad Daud Kolaborasi dalam Lagu Tulang Rusuk

Direktur Bandar Udara Kementerian Perhubungan Bambang Cahyono menjelaskan pemerintah daerah akan menggarap pembangunan infrastruktur aspek darat dan lainnya, setelah pemerintah pusat menyelesaikan landasan pacu di Bandara Kertajati. "Pembangunan dari sisi udara saat ini sudah mencapai 40 persen," ujar Bambang katanya.

Pemerintah daerah bertanggung jawab pada penyelesaian pembebasan tanah dan pembangunan infrastruktur darat lainnya. Kementerian Perhubungan akan menanyakan kembali komitmen pemerintah daerah mengenai penyelesaian itu.

Ketua Harian Bappeda Jawa Barat Johnny Patta mengatakan, pembebasan lahan untuk proyek senilai Rp10 triliun ini terus berlanjut. Menurut Johnny, pembangunan runway sudah hampir selesai. Pembebasan lahan pun saat ini sudah hampir 1.000 hektare. Sedangkan kebutuhan lahan secara keseluruhan seluas 1.800 hektare. (ren)

Balai Kota Ho Chi Minh, Vietnam

4 Alasan Kenapa Vietnam Asyik Banget Buat Solo Traveling

Negara dengan spot seru yang lengkap, Vietnam punya segalanya lho! Makanya cocok banget buat solo traveling. Berikut alasan kenapa Vietnam asyik banget buat liburan

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024