Indonesia Butuh Cabai Lebih dari 1,5 Juta Ton

Cabai
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Timnas Indonesia U-23 Tak Gentar dengan Rekor Mengerikan Korea Selatan
- Menteri Pertanian Suswono mengajak para petani agar menanam cabai. Ini karena produksi nasional masih di bawah kebutuhan.

Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika

Dari data Badan Pusat Statistik, konsumsi cabai pada 2013 mencapai 1,72 juta ton yang terdiri dari 1,03 juta ton cabai keriting dan cabai besar, serta 698.000 ton cabe rawit hijau dan cabe rawit merah. Pada tahun ini kebutuhan dipastikan lebih dari 1,52 juta ton.
Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"


"Sedangkan sasaran produksi kami 1,47 juta ton," kata Suswono saat menghadiri Gerakan Tanam Pohon Cabai Dalam Pekarangan Rumah, di Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 22 April 2014.


Gerakan Tanam Pohon Cabai dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk merespons harga cabai yang terus melonjak. Gerakan ini dapat dilaksanakan di mana saja. "Warga menanam cabai di dalam pot atau pekarangan rumah masing masing, sehingga tidak ada alasan harga cabai mahal."


Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang mengikuti acara itu mengakui mahalnya cabai tak lepas dari Undang-undang Perdagangan yang diproduksi kolonial. "Hingga saat ini Undang-undang belum direvisi," katanya.


Karenanya, dia akan mengusulkan revisi sebagai bentuk legitimasi perdagangan Indonesia, sehingga mensejahterakan petani dan pedagang. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya