Boediono: Dalam Waktu Dekat Jakarta-Surabaya Terhubung Rel Ganda

Sendiri di rel kereta
Sumber :
  • http://www.dailysylvia.com
VIVAnews
Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero
- Wakil Presiden Boediono, Kamis 24 April 2014, menyatakan bahwa pekerjaan proyek rel kereta jalur ganda Jakarta-Surabaya hampir selesai. Menurut Boediono, manfaat infrastruktur jalur ganda kereta api di Pulau Jawa ini dapat meningkatkan kapasitas angkutan penumpang dan barang.

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

"Nampaknya ada beberapa titik yang perlu ditangani dengan baik. Tapi, intinya dalam waktu sangat dekat kami bisa menghubungkan Jakarta - Surabaya dengan rel ganda kereta ini," ujar Boediono saat jumpa pers di kereta api dalam perjalanan menuju Bojonegoro, Jawa Timur.
Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga


Menurut catatan Kementerian Perhubungan, pembangunan ekonomi di Jawa menyumbang sekitar 60 persen dari
foreign direct investment
di Indonesia secara keseluruhan.


Di Jawa, DKI Jakarta secara konstan menyumbang 27 persen dari produk domestik bruto (PDB) Jawa dan 16 persen PDB nasional. Adapun, jalur ganda sepanjang 727 kilometer ini akan menghubungkan Jakarta (21 juta penduduk) dan Surabaya (7 juta penduduk).


Pemerintah menerapkan kebijakan yang bertujuan mengurangi beban jalan. Termasuk diantaranya pembangunan jalur ganda kereta api. Beban itu akan dialihkan dan diseimbangkan dengan moda transportasi kereta api dan pelayaran.


Data Kementerian Perhubungan, keberadaan jalur ganda ini diperkirakan dapat meningkatkan frekuensi kereta api sebesar 200 persen hingga 300 persen. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya