Ini Lokasi Investasi Favorit di Indonesia

Pabrik PT Hankook Tire Indonesia
Sumber :
  • vivanews/Jihad Akbar

VIVAnews - Realisasi investasi pada kuartal I-2014 mencapai Rp106,6 triliun. Investasi berupa penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) tersebut tersebar di sejumlah daerah di Indonesia.

Lantas, di manakah lokasi favorit para investor dalam maupun luar negeri itu?

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Mahendra Siregar, di Jakarta, Kamis 24 April 2014 menyebutkan, realisasi PMDN kuartal pertama tahun ini mencapai Rp34,6 triliun. Nilai itu terbagi dua yakni Rp27,6 triliun investasi baru dan Rp7 triliun investasi perluasan.

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Sementara itu, PMA tercatat Rp47,8 triliun investasi baru dan perluasan Rp24,2 triliun. "Total PMA mencapai Rp 72 triliun," kata Mahendra di kantornya, Jakarta.

Jika dirunut berdasarkan lokasinya, Mahendra menjelaskan, investasi itu tersebar di wilayah-wilayah seluruh Indonesia. PMDN tertinggi ada di Jakarta dengan nilai Rp8,3 triliun.

Selanjutnya, penerima PMDN terbesar lainnya adalah Jawa Barat Rp8,1 triliun, Jawa Timur Rp7,7 triliun, Jawa Tengah Rp3,3 triliun, dan Kalimantan Barat sebesar Rp1,6 triliun.

Bagi investor asing, dia menjelaskan, lokasi favorit untuk menanamkan modal adalah di Jawa Barat senilai US$1,8 miliar, diikuti oleh Kalimantan Timur US$800 juta, Riau US$600 juta, Banten US$600 juta, dan DKI Jakarta senilai US$400 juta.

Mahendra menambahkan, jika diklasifikasikan berdasarkan sektor usaha, investasi kuartal pertama PMDN didominasi sektor listrik, gas dan air. Sementara itu, investasi PMA lebih dikontribusi dari sektor pertambangan, industri makanan, alat angkutan dan transportasi, tanaman pangan dan perkebunan, serta industri kertas. (ren)

Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024