Ini Harga Listrik yang Disepakati PLN-Pertamina Geothermal

Nur Pamudji Dirut PLN
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dan PT PLN menyepakati harga pembelian uap panas bumi dan tenaga listrik berada di kisaran 7-11 sen dolar AS per kWh. Harganya berbeda-beda berdasarkan letak dan struktur tanah area pembangkit.

"Tergantung site-nya dan struktur buminya," kata Dirut PLN, Nur Pamudji, saat ditemui usai acara 'Head of Agreement (HoA) antara PT PLN dan PT PGE tentang Perubahan Harga Dasar Uap Panas Bumi dan Tenaga Listrik' di kantor PLN Pusat, kemarin.

Dalam penandatangan itu disebutkan bahwa harga beli uap di lokasi Sungai Penuh dan Hululais sebesar 7 sen dolar AS per kWh, sedangkan sisi hilir jual beli listrik antara kedua belah pihak disepakati harga di kisaran antara 8,4-11,6 sen dolar AS per kWh.

"Untuk lokasi yang sudah dikembangkan harganya lebih rendah, sedangkan untuk lokasi baru harganya tentu lebih mahal," kata dia.

Sekadar informasi, kedua perusahaan itu juga menyetujui perubahan harga dasar uap panas bumi dan tenaga listrik untuk beberapa lokasi pusat listrik tenaga panas bumi (PLTP). Penandatangan ini dilakukan oleh Direktur Utama PLN Nur Pamudji dan Direktur Utama PGE Rony Gunawan.

Adapun Lokasi-lokasi PLTP tersebut adalah :
1. PLTP Sungai Penuh, 2x55 Mega Watt (MW) di Jambi
2. PLTP Hululais, 2x55 MW di Bengkulu
3. PLTP Kotamobagu, 4x20 MW di Sulawesi Utara
4. PLTP Lumut Balai, 4x55 MW di Sumatera Selatan
5. PLTP Ulubelu, 2x55 MW di Lampung
6. PLTP Kamojang, 1x30 MW di Jawa Barat
7. PLTP Karaha, 1x30 MW di Jawa Barat
8. PLTP Lahendong 2 x 20 MW di Sulawesi Utara

BUMN energi ini menyebut HoA merupakan langkah awal. Setelah HoA ditandatangani, proses selanjutnya akan masuk ke tahap penyusunan amandemen Power Purchase Agreement (PPA), setelah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan diverifikasi oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan.

Bos Apple Tim Cook Injakkan Kaki di BSD Tangerang

"HoA ini untuk mengamendemen PPA yang telah ditandatangani sebelumnya oleh kedua belah pihak," kata Nur Pamudji. (ren)

BABYMONSTER

BABYMONSTER Bakal Gelar Fan Meeting di Asia, Bulan Juni di Jakarta

Girl group BABYMONSTER terus memperkuat dominasinya dengan lagu hit mereka yang berjudul 'SHEESH', dan kini sorotan tertuju pada tur pertemuan penggemar atau fan meeting.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024