Ini Alasan Bisnis Gadget untuk Bayi Marak

Ilustrasi Ibu dan Bayi
Sumber :
  • istock
VIVAnews
5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak
- Bayi tampaknya masih terlalu dini untuk memiliki email pribadi, apalagi diajak berbelanja sendiri ke mal. Sebagian besar orang juga akan beranggapan bayi masih sangat dini memiliki sebuah gadget sendiri.

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Namun, jangan salah. Saat ini sedang
Sri Mulyani Pede Inflasi Melandai di Kuartal-II 2024 Seiring Turunnya Harga Beras
booming gadget khusus untuk bayi. Banyak perusahaan start-up yang meluncurkan produk dengan membidik pangsa pasar bayi yang baru lahir dan bayi yang sudah berusia beberapa bulan.

Seperti dikutip dari laman BBC News , Rabu 11 Juni 2014, berbagai teknologi baru terkait gadget untuk bayi semakin berkembang.

Salah satu pembuat gadget khusus bayi, The Owlet Smart Sock, saat ini banyak mendapatkan pesanan gadget khusus bayi. Produk yang dihasilkannya berupa perangkat kecil yang dirancang untuk dikenakan di kaki bayi.




Perangkat itu kemudian akan mengirimkan data ke aplikasi mobile. The Salt Lake City, perusahaan yang ada di belakang proyek itu, memproduksi Owlet Care, yang bisa digunakan untuk memantau bayi seperti denyut jantung, kadar oksigen, posisi bayi, pola tidur, dan suhu kulit bayi.


"Setiap orang tua tahu apa rasanya berbaring di tempat tidur dengan si buah hati dan saat meninggalkan mereka. Mereka selalu menginginkan kondisi anak mereka baik-baik saja," ujar pendiri Owlet, Jacob Colvin, yang telah memiliki dua orang anak.


"Kami menciptakan produk yang dapat membantu orang tua dan meningkatkan keselamatan anak-anak mereka, kami membuat perbedaan," imbuhnya.


Sementara itu, Boston, perusahaan
start-up
lainnya, menjual produk gadget alternatif lainnya melalui toko online.




Produk itu adalah The Mimo Baby Monitor. Alat ini dipasang dibaju bayi bagian depan. Pembacaan informasi pada produk ini sama halnya dengan Owlet, yakni data berseri yang hasilnya bisa dikirim ke orang tua si bayi melalui bluetooth dan wi-fi.


Katie O'Donovan, dari jaringan parenting Mumsnet, mengatakan para produsen itu seperti bermain di wilayah sikap paranoid yang dimiliki orang tua.


"Pasangan yang baru saja menjadi orang tua, mereka berada di sisi yang paling obsesif tentang keselamatan bayi, ini yang dimanfaatkan produsen. Mereka mengklaim produk mereka menjadi yang terbalik untuk bayinya," ujarnya.


Akibatnya, ujar Katie, kadang orang tua terjebak membeli, meskipun dengan harga yang lumayan mahal.


Jumlah bayi yang mencapai miliaran itu, menjadi sasaran yang empuk bagi seluruh produsen perangkat khusus bayi di dunia. Tak heran, banyak pengusaha tertarik dengan industri ini.


Mintel, sebuah perusahaan riset, memperkirakan penjualan ritel barang-barang teknologi untuk bayi, meningkat dari US$2,6 miliar pada 2012 menjadi US$2,9 miliar pada 2018. Jumlah itu hanya di Amerika.


Berikut beberapa barang-barang teknologi khusus bayi:


1. Carkoon. Ini adalah kursi khusus bayi di dalam mobil. Saat terjadi tabrakan, akan memicu perisai pada kursi itu menjadi kepompong yang akan melindungi bayi dari benturan segala arah.




2. Sleevey Smartsleeve. Ini adalah pemegang botol pintar yang mentransmisikan data makan ke smartphone.




3. Origami Striller. Ini adalah kereta dorong bayi yang dilengkapi dengan layar LCD yang menampilkan suhu sekitar, suhu badan, dan kecepatan.




4. Ultimate Wipes Warmer. Ini adalah mesin yang bisa memanaskan dan mengeringkan kain basah bayi tanpa dijemur terkena sinar Matahari.




5. Cry Translator. Produk ini telah diuji secara medis. Gadget khusus bayi ini bisa digunakan untuk mendiagnosa arti dari tangisan bayi.




 (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya