Mengenal Pencucian Uang Lewat E-Learning

VIVAnews - Jangan berpikir sesuatu yang terkait pencucian uang adalah hal yang rumit untuk dipelajari.  Melalui E-Learning Pedoman Mengenal Nasabah dan Pelaporan Transaksi yang diluncurkan PPATK, hal-hal yang terkait  pencucian uang bisa dipelajari dengan cara yang mudah.

Dalam modul tersebut, pencucian uang dapat dipelajari seperti  bermain mencari harta karun. Di dalam modul tersebut peserta bisa menganalisis sendiri bagaimana kejahatan pencucian uang, tahapan pencucian uang, hingga bagaimana mengatasi pencucian uang.

Pendekatan pembelajaran e-learning berbasis web tersebut dimaksudkan agar masyarakat dan penyedia jasa keuangan dapat mudah mengetahui tindak pidana pencucian uang.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

"Modul ini diluncurkan untuk memperluas sosialisasi rezim antipencucian uang kepada regulator PJK, juga masyarakat. Jika masyarakat sudah mengetahui tentang bagaimana cara antipencucian uang, PJK lebih mudah menjalankan tugasnya dalam meminta informasi dan klarifikasi pada nasabah," kata Ketua PPATK YUnus Husein di Jakarta, Selasa 28 April 2009.

Proyek tersebut digagas oleh PPATK yang bekerja sama dengan The Australian Agency for International Development (AusAID). Masyarakat dan penyedia jasa perbankan dapat mengakses modul tersebut melalui website PPATK, BI, dan Bapepam-LK.

Terdapat lima modul pembelajaran, yaitu modul introduksi yang diperuntukkan bagi masyarakat umum, modul perbankan untuk PJK perbankan, modul pasar modal bagi PJK pasar modal, modul lembaga pembiayaan yang ditujukan untuk perusahaan pembiayaan modal ventura, dan modul bagi perusahaan asuransi. Modul yang dilengkapi dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris ini dapat diakses gratis pada situs resmi PPATK.

Dukcapil Jakarta Sebut 8,3 Juta Warga Akan Ganti KTP Saat DKI Berubah Jadi DKJ
TikToker Galih Loss

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Galih Loss menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh umat muslim atas konten yang dibuatnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024