Ekonom UI: Era Ekonomi Neoliberal Sudah Tamat

VIVAnews - Era ekonomi neoliberal yang mendewakan pasar bebas diyakini sudah tamat. Berakhirnya sistem ekonomi ini tercermin dalam pertemuan G20 yang menjadi langkah pertama penggantian ekonomi neoliberal (Washington Consensus) menjadi ekonomi konstitusi tingkat dunia.

Ekonom Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Ninasapti Triaswati mengatakan, ekonomi neoliberal lahir didasari pemikiran Konsensus Washington. "Istilah ini dikenalkan sejak 1989 dengan resep stabilisasi, privatisasi, dan liberalisasi," katanya di Universitas Paramadina, Jakarta, Rabu 6 Mei 2009.

Nina mengatakan ekonomi ini merupakan istilah bagi paket kebijakan yang mendorong kecepatan keterbukaan negara-negara berkembang dengan perjanjian utang dan investasi.

Karena menerapkan resep IMF dengan konsensus ini pada 1998, maka banyak negara terbelit hutang besar-besaran, ekonomi semakin terpuruk dan bahkan harus mengganti pemerintahannya. Negara-negara ini contohnya seperti Indonesia, Argentina, dan Korea Selatan.

"Dengan pertemuan G20 yang menyepakati aturan memperkuat aturan global tentang hedge fund dan credit rating agencies, maka ekonomi ini berakhir," katanya.

Lalu apakah dengan berakhirnya ekonomi neoliberal ini bisa membawa kemakmuran bagi Indonesia, Nina mengatakan, kuncinya ada pada Pemilu Indonesia 2009. "Apakah pemerintah bisa menjalankan mandat rakyat dan menghasilkan kemakmuran? Atau mereka hanya bisa menjanjikan kesejahteraan? Saya tidak tahu, tapi ekonomi ini sudah berakhir," katanya.

Bahkan secara teori, kata Nina, ekonomi neoliberal ini sudah berakhir sejak 2006. "Seorang profesor Harvard University menulis artikel dengan judul Good Bye Washington Concensus," katanya.

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan
Pemkot Tangsel rapikan kabel fiber optik yang semrawut

Rapikan Kabel Fiber Optik Semrawut di Tangsel, Ini 5 Titik yang jadi Sorotan Pemkot

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan turun tangan langsung dalam melakukan imbauan dan penindakan semrawutnya kabel fiber optik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024