Sejumlah Menteri Pantau Rumah Kumuh di Rel


VIVAnews
- Sejumlah menteri memantau perumahan kumuh di sepanjang jalur rel kereta api jurusan Tanjung priok menuju Stasiun Kota, Jakarta.

Beberapa menteri yang melakukan pemantauan tersebut adalah Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie, Menteri Koordinator Perekonomian Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perhubungan Jusman Syafei Djamal, serta kalangan direksi dari PT Kereta Api.

Mereka menggunakan Kereta Jaya Kusuma, kereta tua yang sudah direnovasi menjadi kereta eksekutif. Di dalam gerbong dilengkapi dengan AC dan layar LCD.

Berawal dari stasiun Tanjung Priok pada pukul 14.30 mereka mengelilingi sejumlah rute kereta yang selama ini dikenal penuh dengan rumah kumuh. Rute itu mencakup stasiun Tanjung Priok, Jati Negara, Manggarai, Senen, Kemayoran, Muara Angke, hingga Kota.

Dari pantauan VIVAnews, di sepanjang rel memang terlihat pemukiman kumuh yang dibangun non permanen. Rumah-rumah itu dibangun dari seng atau terpal yang dengan mudah dipindahkan. Jaraknya dengan rel kereta juga sangat dekat, bahkan ada yang 1 meter dari rel kereta api.

Pekan lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga melakukan hal serupa saat meresmikan stasiun Tanjung Priok. Saat itu, Presiden melihat langsung perumahan kumuh di sepanjang rel kereta.

Saat itu, Presiden mengkritik perumahan kumuh di sekitar rel kereta. Presiden kemudian memerintahkan para menterinya untuk melakukan penataan.

Karena itulah, pada hari ini, para menteri tersebut kembali melakukan pemantauan. Setelah memantau, di stasiun Kota, Menteri Sri Mulyani akan jumpa pers soal penataan pemukiman kumuh tersebut.

Pembangkangan Terhadap UU Telekomunikasi, Pengusaha Ilegal Ini Diancam Hukuman Pidana
Ilustrasi aparatur sipil negara atau ASN

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Sebagai informasi dari keterangan, pegawai ASN yang nantinya berhak mendapatkan satu unit apartemen tersebut mereka yang menjabat sebagai eselon I di kementerian/lembaga.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024