Jawa Barat Jadi Lumbung Energi

VIVAnews - Pemerintah menjadikan Provinsi Jawa Barat sebagai lumbung energi panas bumi. Ini karena potensi energi panas bumi di wilayah Jawa Barat mencapai 6.000 Megawatt.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro mengatakan, potensi panas bumi tersebar di empat puluh lokasi dan sepuluh unit.

"Dengan potensi yang besar, tidak berlebihan jika Jawa Barat disebut sebagai lumbung Geothermal," kata Purnomo dalam sambutan Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Wayang Windu, Pengalengan, Jawa Barat, Senin 22 Juni 2009.

Purnomo menjelaskan, lokasi panas bumi antara lain Kabupaten Bogor, Cianjur, Bandung, Garut, Subang, Sumedang, Tasikmalaya, Kuningan, serta Majalengka. Pemerintah menyadari mengembangkan energi panas bumi membutuhkan biaya besar, sedangkan harga jual listrik dari panas bumi masih rendah.

Guna mengatasi persoalan harga, antara produsen dan konsumen, dalam hal ini PT Perusahaan Listrik Negara, sudah intensif dilakukan pembicaraan agar pembentukan harga tidak merugikan kedua belah pihak. Saat ini, ada enam belas Wilayah Kerja Panas Bumi yang kesempatannya dibuka bagi setiap perusahaan dengan mekanisme lelang.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024