Berau Belum Putuskan Pola Pelepasan Saham

VIVAnews - PT Berau Coal belum memutuskan metode pelepasan saham melalui divestasi atau penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham perusahaan.

Pemegang saham telah menerima hasil uji tuntas (due diligence) dan valuasi dari penilai. Namun, pemegang saham belum memberikan keputusannya kepada manajemen.
 
"Itu (pelepasan saham) masih dibahas di level pemegang saham," kata Presiden Direktur Berau Coal Bob Kamandanu saat dihubungi VIVAnews di Jakarta, Kamis 16 Juli 2009.
 
Bob mengungkapkan, pihaknya telah menerima penawaran pembelian saham dari lima penawar (bidder). Penawaran itu turut menjadi pertimbangan pemegang saham Berau.

"(Namun) Belum ada kabar kepada manajemen," ujarnya.
 
Hingga saat ini, Bob mengatakan, perusahaan maupun induk usaha tidak berniat melakukan rencana akuisisi. Perusahaan masih menunggu kondisi pasar dan menggenjot kinerja melalui kegiatan yang sudah ada.

"Kami wait and see saja," katanya.
 
Dia menambahkan, pada semester I-2009, perusahaan mampu menjual sekitar enam juta ton batu bara, atau 95 persen dari separuh target 2009 sebanyak 14 juta ton.

Namun, harga jual diperkirakan lebih rendah dari Newcastle sekitar US$ 72 per ton. "Semester I-2009 on the track, tapi sedikit turun karena curah hujan dan kesulitan pengapalan," tuturnya.
 
Meski demikian, Bob optimistis, perusahaan mampu mencapai target produksi 15 juta dan penjualan 14 juta ton batu bara. Penurunan pada semester I-2009 akan tertutupi mulai kuartal III-2009 hingga akhir tahun.

Sebelumnya, perusahaan berniat melepas 20-30 persen saham melalui IPO pada semester II-2009. Namun, Berau juga memiliki opsi divestasi saham kepada calon pembeli yang berminat.
 
Sepanjang 2009, perseroan memproyeksikan pendapatan sebesar US$ 1 miliar dan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi US$ 300 juta karena Berau berhasil memperoleh kontrak pada harga bagus.

arinto.wibowo@vivanews.com

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024