Divestasi Newmont

Perusahaan Pemda NTB Siap Aktivitas

VIVAnews - PT Multi Daerah Bersaing yang merupakan perusahaan patungan PT Daerah Maju Bersaing dan PT Multicapital akan segera mengakuisisi 10 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara senilai Rp 4,1 Trilun. 

PT Daerah Maju Bersaing merupakan perusahaan patungan antara Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (40 persen), Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (40 persen), dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa (20 persen).

Hal itu ditegaskan Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi usai menghadiri rapat paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah NTB, Senin 27 Juli 2009. 
 
Menurut dia, proses divestasi saham Newmont itu diperkirakan berjalan dengan baik. Masing-masing perusahaan sudah menandatangani kesepakatan bersama terkait pola pengelolaan saham tersebut. "Semua berjalan dengan baik dan PT Multi Daerah Besaing siap beraktivitas," kata dia kepada wartawan di Mataram.

Saat ini kedua pihak tengah menyusun langkah termasuk penempatan orang untuk menduduki posisi dalam direksi sesuai dengan kesepakatan.
Terkait legalitas PT Daerah Maju Bersaing yang sempat dipermasalahkan oleh seluruh fraksi di Dewan, Gubernur menyatakan semua itu sudah diselesaikan. 

Sebelumnya seluruh fraksi di Dewan mempertanyakan legalitas pembentukan PT Daerah Maju Bersaing yang dinilai belum mengantongi izin resmi. Namun menurut Zainul Majdi PT Daerah Maju Bersaing itu sudah sah sesuai keputusan Departemen Hukum dan Hak Azazi Manusia.

Penandatanganan kesepakatan kerja sama antara PT Daerah Maju Bersaing dan PT Multicapital berlangsung tertutup di kantor Gubernur NTB pada Kamis 23 Juli lalu. Dalam kesepakatan kerjasama itu pemerintah NTB melalui PT Daerah Maju Bersaing memperoleh 25 persen dan PT Multicapital 75 persen.

Nantinya PT Daerah Maju Bersaing akan memperoleh Rp 40 miliar dari hasil pembagian deviden. Dana tersebut diperoleh setiap bulan Mei. Bahkan PT Multicapital juga akan memberikan dana dana kepedulian sosial dan pembangunan smelter atau tempat peleburan hasil tambang.

Peringatan Hari Otonomi Daerah Nasional, Jaya Negara Menerima Dua Penghargaan

"Jadi nggak ada persoalan yang perlu dibesar-besarkan.Semua prosesnya sudah berjalan dengan baik dan sudah ada pembagian direksi dan komisaris," ujar Majdi.

PT Multicapital juga memberikan dana hibah 25 persen senilai Rp 625 juta sebagai modal dasar untuk PT Multi Daerah Bersaing. Bahkan uang senilai Rp 10 miliar sudah diserahkan ke perusahaan tersebut sebagai dana operasional.

Sebelumnya dalam kesepakatan kerja sama itu juga dituangkan pembagian komposisi direksi dalam PT Multi Daerah Bersaing. Nantinya dalam pembagian direksi itu empat dari Multicapital dan tiga orang dari PT Daerah Maju Bersaing. Hasil divestasi itu nantinya menjadi pemasukan bagi daerah di luar APBD 2010. hadi.suprapto@vivanews.com


Laporan: Edy Gustan l Mataram

Dok. Istimewa

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

Megawati Soekarnoputri menyampaikan sejumlah kualifikasi sikap serta tindakan yang harus diperkuat oleh para kader partai, khususnya yang akan maju di pilkada serentak.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024