Divestasi Saham Newmont

DMS Matangkan Strategi 'Ambil' Newmont

VIVAnews - PT Daerah Maju Bersaing milik Propinsi Nusa Tenggara Barat tidak sabar ingin segera mengeksekusi 10 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara. Harga saham itu sebesar 391 juta dolar AS atau setara dengan Rp 4,1 triun.

Direktur Utama PT Daerah Maju Bersaing Andi Hadiyanto mengatakan pihaknya akan bertemu dengan PT Multicapital di Jakarta untuk membahas akuisisi saham Newmont tersebut.

"Jumat besok kami akan menggelar rapat dengan Multicapital untuk membahas proses akuisisi itu," kata Andi kepada wartawan di Mataram, Kamis 30 Juli 2009.

Dalam rapat tersebut kedua belah pihak akan membicarakan berbagai hal terutama schedule pertemuan dan materi yang akan dibicarakan bersama PT Newmont Nusa Tenggara.

Pertemuan dengan PT Newmont lanjut Andi rencananya akan dilakukan dua pekan lagi atau sekitar tanggal 14 Agustus mendatang. Sebelumnya pihaknya menargetkan proses akuisisi saham Newmont itu dapat rampung sebelum 17 Agustus.

Percepatan proses akuisisi saham itu dinilai dapat berdampak pada perkembangan kemajuan NTB ke depan, baik bagi provinsi NTB, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat. Apalagi NNT juga sudah memberi sinyal agar proses divestasi saham itu dapat segera dilakukan.

Jika proses divestasi itu terjadi, maka pemerintah NTB akan memperoleh pemasukan dari dividen senilai Rp 40 miliar lebih setahun. Selanjutnya nilai dividen itu akan dibagikan kepada tiga pemerintah daerah masing-masing 40 persen untuk Pemprov NTB dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan 20 persen untuk pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Sebelumnya Pemprov NTB dan Multicapital sudah membentuk perusahaan patungan untuk mengakuisisi 10 persen saham PT NNT. Kedua pihak tengah membahas pengisian komposisi direksi dan komisaris DMB. Proses pengisian direksi dan komisaris itu akan rampung dalam pekan ini untuk merealisasikan akuisisi saham Newmont seusuai waktu yang ditargetkan.

"Yah kita memang sudah tidak sabar untuk itu. Namun kita butuh langkah dan strategi matang agar proses akuisisi berjalan lancar maka itu saya akan ke Jakarta untuk rapat bersama PT Multicapital," ujarnya.

Laporan: Edy Gustan | NTB

Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Debat Hukum, Bukan Filsafat Kho Ping Hoo
Real Madrid vs Manchester City

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Real Madrid di Liga Champions

Manchester City akan menjamu Real Madrid dalam babak Perempat Final Liga Champions leg kedua di Stadion Etihad pada Kamis dini hari nanti, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024