Butuh Uang? Lima Barang Paling Mudah Digadaikan

Ilustrasi Emas Batangan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Menjelang Lebaran, biasanya pengeluaran orang jadi bertambah. Tambahan dana dari Tunjangan Hari Raya, terkadang tidak cukup untuk menambal membengkaknya pengeluaran.

Katanya Begini Rahasia Orang Kaya Kelola Uang

Biasanya, kalau sudah dalam kondisi seperti ini, salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah menggadaikan barang. Tapi ingat ya, tidak semua barang diterima oleh pegadaian. Bila Anda tengah berencana mencari dana Lebaran tambahan dengan menggadai, berikut ini lima barang yang paling mudah digadaikan:

1. Emas

Instrumen Investasi Syariah yang Aman Bagi Muslim

Logam mulia seperti emas adalah barang yang paling mudah digadaikan. Biasanya, tempat gadai resmi tidak pikir dua kali saat menerima emas. Syarat gadai emas memang tidak ribet karena mudah ditaksir harganya dan sifatnya yang likuid alias mudah dijual kembali jika seandainya terjadi kemacetan pembayaran. Selain persyaratan yang mudah, jasa gadai biasanya merekomendasikan emas pada para nasabahnya karena tingginya plafon pencairan.

2. Kendaraan

Kegiatan Ekonomi yang Ternyata Dilarang dalam Islam

Anda dapat menggadaikan kendaraan dengan menjadikan buku Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) sebagai jaminan. Namun, untuk menggadai kendaraan tidak semudah menggadai emas. Biasanya, pegadaian akan melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap kondisi kendaraan.

Jika dinilai cukup layak, barulah transaksi selanjutnya bisa dilakukan. Namun, tidak semua kendaraan diterima pegadaian. Biasanya, ada persyaratan yang diberikan pegadaian, misalnya tahun produksi dan pabrikan kendaraan. Untuk motor tahun pembuatan yang diterima tidak lebih dari lima tahun dengan merek yang umum digunakan di Indonesia. Sedangkan untuk mobil, minimal tahun pembuatan adalah keluaran 10 tahun terakhir.

3. Televisi

Elektronik satu ini juga sering digadaikan. Syaratnya juga mudah yakni cukup membawa kardus dan kelengkapannya seperti kabel dan remote. Nilai gadai televisi biasanya tergantung harga pasaran televisi yang Anda bawa. Tapi ingat, televisi yang diterima oleh pegadaian hanya televisi LCD dengan masa pembuatan tidak lebih dari setahun. Jadi, televisi tabung usang milik Anda yang sudah dibeli lima tahun lalu tidak akan laku digadai.

4. Laptop

Gadget satu ini jadi favorit mahasiswa untuk digadai. Jika Anda menggadai barang ini di kantor pegadaian yang dekat dengan lingkungan mahasiswa, prosesnya jadi tidak sulit. Sama seperti barang elektronik, laptop yang akan digadaikan biasanya diperiksa terlebih dahulu kondisinya. Selain itu, jangan lupa membawa kuintansi pembelian asli dan kelengkapan laptop seperti dus dan charger.

5. Handphone

Handpone juga termasuk barang yang paling mudah digadaikan. Alasannya, cukup mudah untuk mengetahui kondisi sebuah ponsel. Namun, tidak semua ponsel diterima oleh pegadaian. Biasanya, juru taksir hanya menerima smartphone terbaru dengan masa keluaran tidak lebih dari satu tahun dan merek yang populer di Indonesia. Meski demikian, sejumlah merek seperti Blackberry biasanya tidak diterima. Pastikan juga Anda membawa kelengkapan seperti dus, buku garansi, charger dan headset asli serta kuitansi pembelian. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya