BISNIS

Reformasi Birokrasi

Inilah Daftar Gaji PNS Setiap Golongan

Gaji pokok terendah Rp 1,040 juta. Gaji pokok tertinggi Rp 3,4 juta.

ddd
Jum'at, 14 Agustus 2009, 06:02 Heri Susanto, Nur Farida Ahniar
rupiah
rupiah (Andika Wahyu)

VIVAnews - Pemerintah berencana menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun depan sebesar rata-rata 5 persen. Selain itu, pemerintah juga akan menaikkan tunjangan secara signifikan kepada PNS di 12 departemen atau lembaga yang akan menjalankan program reformasi birokrasi.

Mengacu pada Peraturan pemerintah Nomor 8 Tahun 2009 dengan Perubahan Kesebelas atas PP Nomor 7 tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji PNS yang diterbitkan awal Januari 2009, pemerintah menetapkan gaji terendah dan tertinggi PNS.

Gaji pokok PNS sendiri paling rendah sebesar Rp 1.040.00 untuk Golongan I a dengan masa kerja 0 tahun. Dan gaji pokok tertinggi sebesar Rp 3.400.000 bagi PNS golongan IV e dengan masa kerja 32 tahun.

Gaji pokok ini tidak termasuk tunjangan yang diberikan kepada PNS. Jika memasukkan tunjangan, take home pay terendah PNS bisa dilihat di sini.

Berikut ini perincian detail gaji PNS dari golongan terendah ke tertinggi:

Pegawai Golongan Ia dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 1.040.000
Pegawai Golongan Ia dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 1.091.700
Pegawai Golongan Ia dengan masa kerja 16 tahun sebesar Rp 1.262.700

Pegawai Golongan II a dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 1.320.300
Pegawai Golongan II b dengan masa kerja 5 tahun sebesar Rp 1.462.300
Pegawai Golongan II b dengan masa kerja 15 tahun sebesar Rp 1.650.800

Pegawai Golongan II c dengan masa kerja 3 tahun sebesar Rp 1.487.600
Pegawai Golongan II c dengan masa kerja 7 tahun sebesar Rp 1.561.600
Pegawai Golongan II c dengan masa kerja 15 tahun sebesar Rp 1.720.700

Pegawai Golongan II d dengan masa kerja 3 tahun sebesar Rp 1.550.600
Pegawai Golongan II d dengan masa kerja 7 tahun sebesar Rp 1.627.600
Pegawai Golongan II d dengan masa kerja 15 tahun sebesar Rp Rp 1.793.400

Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 1.655.800
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 1.738.100
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 10 tahun sebesar Rp 1.869.300

Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 1.954.300
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 2.051.400
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 10 tahun sebear Rp 2.206.200
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp 2.880.800

Sementara untuk pejabat eselon I, yaitu golongan IV d dan golongan IV e

Golongan IV d dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 2.212.900
Golongan IV d dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 2.322.900
Golongan IV d dengan masa kerja 10 tahun sebesar Rp 2.498.200
Golongan IV d dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp3.262.000

Golongan IV e dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 2.306.500
Golongan IV e dengan masa kerja 4 tahun sebesar Rp 2.421.200
Golongan IV e dengan masa kerja 10 tahun sebesar Rp 2.603.900
Golongan IV e dengan masa kerja 32 tahun sebesar Rp 3.400.000

heri.susanto@vivanews.com

Baca juga:

1. Gaji Presiden Akan Naik
2. Gaji Pejabat Naik 10 Kali Lipat
3. Mengapa Gaji Pejabat Naik 10 Kali
4. Berapa Gaji Terendah PNS, Guru dan TNI



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Amit
14/08/2009
Amit² kecil amit gaji pns, tapi kenapa ya dgn jml gaji yg segitu banyak bener peminatnya & jg banyak pns yg bergaji begitu kecil tapi berjibun harta. kalo mo reformasi pns hrs dimulai dgn misi, visi, service level objective, service level agreement baru r
Balas   • Laporkan
Amit JabangBaby
14/08/2009
Amit² kecil amit gaji pns, tapi kenapa ya dgn jml gaji yg segitu banyak bener peminatnya & jg banyak pns yg bergaji begitu kecil tapi berjibun harta. kalo mo reformasi pns hrs dimulai dgn misi, visi, service level objective, service level agreement baru r
Balas   • Laporkan
arie
14/08/2009
kan itu PP jadi bukan hal rahasia. PNS kan dibayar pakai uang pajak yang dibayar kita-kita juga....harusnya melayani masyarakat dengan baik duunk...
Balas   • Laporkan
devi
14/08/2009
Gileee bner masak gaji PNS kecil bget !!! Pantes aja banyak korupsi dinegri ini Mo gmn lagi klo dah urusan perut... Hahahahah
Balas   • Laporkan
atmowijaja
14/08/2009
gak akan berubah apapun dari kinerja birokrasi. walau gaji selangit. tak ada mental profesionalisme. mental indon adalah mental budak yang kini memegang kekuasaan. jadi merasa sudah pernah kerja rodi zaman belanda mana mau jadi abdi masyarakat lagi. andi
Balas   • Laporkan
indra
14/08/2009
enak deh yg tetap gajinya perbulan, trus dinaikkin trus diveri tunjangan...kecian deh org yg yg gak ada kerjaan, gak ada tunjangan. makanya bersyukur bg mereka yg dinaikkin gj nya jgn malas-malas krn walaupun gmn keadaannya tetap aja gj ada dan nambah....
Balas   • Laporkan
Arez
14/08/2009
waduh...enak bener..pantes lah orang mau jadi PNS mau sogok sana sini,kena pajak ga tuh gaji...??tapi heran ya,walau udah gaji segitu masih ga bersyukur,tiap ngurus ini itu harus ada uang pelicinnya,kalau ga ada ga bakal diurus
Balas   • Laporkan
masanto
14/08/2009
Kalau jendral naik gaji sampai 10 X lipat lalu jin nya naik berapa, info gaji koq menyesatkan ini bagi orang awam bahaya gaji PNS 5 % dapat apa ? ha yo bikin sengsara orang koq senang, harga-harga sudah akan naik seperti Gas jl. Tol belum kebutuhan poko
Balas   • Laporkan
Hendrik J
14/08/2009
Naik gaji PNS silakan saja asalkan hrs seiring dng kemajuan keadaan ekonomi nasional. PNS harus bekerja dengan sungguh2 jangan ada yang hanya terima gaji buta.. Nanti mau kerja kalau di sogok.. dalam pelayanan publik.
Balas   • Laporkan
djack
14/08/2009
kalau gaji naiknya 10 x, berarti yang tahun kemarin bisa beli mobil 3..tahun depan bisa beli 30 mobil.....tahun kemarin bisa beli rumah 2....tahun depan bisa beli 20 rumah...h...h... kali gitu ya...............ah salah ngitung kali saya!!!
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com