Pemerintah Segera Bangun Jaringan Pipa Gas

VIVAnews - Pemerintah akan membangun jaringan distribusi gas pipa di rumah susun bersubsidi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) serta Kalimantan Timur.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas) Evita Herwati Legowo mengatakan rencana pembangunan itu akan dilakukan pada 2011 mendatang. "Jaringan distribusi gas untuk 2011 rencananya akan dibangun di rumah susun bersubsidi Jabodetabek, serta Kaltim yaitu Bontang dan Sengkang,”ujar dia seperti dikutip dari halaman situs Ditjen Migas, Selasa 8 September 2009.

Menurut dia, pembangunan ini merupakan salah satu program pemerintah dalam road map pembangunan jaringan distribusi gas untuk rumah tangga hingga tahun 2014. Dalam 5 tahun, jaringan distribusi gas akan dibangun di 21 kota.

Evita menjelaskan saat ini, pembangunan jaringan gas kota untuk tahun 2009 di Palembang dan Surabaya  telah memasuki tahap konstruksi.

Sedangkan untuk 2010, kata dia, jaringan distribusi gas akan dibangun di 4 wilayah yaitu Bekasi, Depok, Tarakan dan Sidoardjo. Sementara untuk wilayah Madura, dan Jambi akan dibangun jaringan distribusi gas pada 2012.

“Setahun kemudian, giliran Sorong, Pekanbaru, Subang dan Lhokseumawe, sedangkan 2014, jaringan distribusi gas akan dibangun di Samarinda, Muara Enim, Lampung dan Prabumulih,”kata dia. Namun, sambungnya, jaringan distribusi gas hanya dibangun di daerah-daerah yang dekat atau memiliki sumber gas sementara untuk daerah atau kawasan yang tidak memiliki sumber gas, dapat menggunakan LPG.

Presiden Direktur P&G Indonesia Sebut Prospek Masa Depan Indonesia Cerah 
Bandara di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), tergenang banjir 17/4

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Banjir bandang yang merendam Dubai, Uni Emirat Arab pada 16 April 2024, berdampak pada penerbangan beberapa maskapai menuju Bali.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024